Home > Metodologi Penelitian Komunikasi > PENELITIAN BCC TOOLS

PENELITIAN BCC TOOLS

 

ABSTRAK

RancanganModel Strategi Capacity Building Petugas Lapang dalam Pengaplikasian Tool Behavior Change Communication (BCC) Program Pencegahan HIV-AIDS di Malang Raya

Peneliti: Rachmat Kriyantono, Ph.D; Siti Cholifah, Ph.D; Yuyun A. Riani, S.Pd., M.Sc

Program Hibah penelitian desentralisasi Univ Brawijaya, 2013

 

       Angka asumsi kenaikan penularan HIV-AIDS dan kecenderungan kasusnya pada tahun 2015 mulai mengkhwatirkan banyak pihak baik itu masyarakat, pemerintah daerah dan NGO-NGO lokal di Malang Raya yang memiliki perhatian terhadap isu ini. HIV-AIDS seharusnya menjadi persoalan sosial yang setara dengan kasus-kasus sosial lainnya, seperti kemiskinan dan pengangguran. Petugas lapang adalah ujung tombak dalam proses pencegahan meluasnya penularan HIV-AIDS. Metode yang digunakan oleh petugas  lapang adalah Behavior Change Communication(BCC), yaitu metode untuk memersuasi orang dengan HIV-AIDS (ODHA) dan orang dengan risiko tinggi terkena penularan HIV-AIDS (RESTI) dalam mengubah perilaku seks beresiko tertular HIV-AIDS menjadi perilaku seks yang aman. Tujuannyauntuk menekan dan mencegah peningakatan penularan HIV-AIDS di Malang Raya.

     Petugas lapang sebagai pelaksana dan pengaplikasi tool BCC membutuhkan keterampilan dan penguasaan untuk mampu secara maksimal menggunakan BCC sebagai alat persuasi sikap dan pengetahuan ODHA dan RESTI terhadap seks aman. untuk itu penelitian ini merencanakan untuk mengidentifikasi serta mereview bagaimana strategi petugas lapang dan lembaga pelaksana program dalam meningkatkan kapasitas pendamping baik itu melalui pelatihan, workhop, pertemuan berkala (periodictly meeting), diseminasi, pengembangan media (printed, on printed, dan local media)  dan  untuk mengaplikasikan dan menerapkan BCC sesuai dengan situasi, kondisi dan karakter ODHA dan RESTI sebagai kelompok sasarannya.

      Penelitan ini menggunakan mixed method, yaitu menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Tujuannya agar memperoleh data yang mendalam sehingga dapat menjawab permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data kualitatif berupa wawancara mendalam (depth interview), FGD, dan observasi. Sementara untuk data kuantitatif, metode pengumpulan datanya adalah penyebaran kuesioner. Penelitian ini akan berlangsung dua tahun. Pada tahun pertama, penelitian ini akan fokus pada identifikasi strategi capacity building petugas lapang dalam aplikasi tool BCC, termasuk mengukur keefektifannya dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS. Pada tahun kedua, penelitian ini berupaya merancang model capacity building petugas lapang dalam menerapkan BCC agar dapat lebih berhasil guna. Lokasi penelitian di Malang Raya sesuai dengan lokasi sasaran program prevalensi dan penurunan angka HIV-AIDS.

 

Keywords: Capacity Building, BCC,model, HIV-AIDS

PDF bisa didowload di sini ABSTRAK BCC Tools

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*