Home > Materi Perkuliahan > MEREVIEW BUKU/ARTIKEL JURNAL

MEREVIEW BUKU/ARTIKEL JURNAL

Tulisan ini tentang cara mereview buku/artikel jurnal. Saya berharap mahasiswa berlatih membuatnya sesuai tugas yang saya berikan di perkuliahan. “Mereview” bukan sekedar mendeskripsikan buku. “Mereview” bukan juga sekedar memilih/mengetik paragaraf-paragraf tertentu. “Mereview” juga bukan meresume atau membuat summary. Happy studying.

 

MEREVIEW BUKU/JURNAL

Rachmat Kriyantono, Ph.D

Mereview buku/jurnal pada dasarnya adalah aktivitas untuk mendeskripsikan dan menganalisis isi buku/jurnal yang ditulis orang lain. Review bisa berisi seluruh buku/jurnal atau per chapter/bab. Yang dideskripsikan adalah poin-poin penting yang menurut pereview (reviewer) menarik dan penting disampaikan. Kemudian, poin-poin itu dianalisis: reviewer akan mengurai dasar pijakan mengapa si penulis buku/jurnal menulis naskah itu; setuju tidaknya reviewer terhadap apa yang ditulis penulis dengan menyampaikan alasan reviewer. Reviewer bisa menggunakan teori2 atau konsep2 lain dari para pakar lain (bisa dari buku atau jurnal lain). Biasanya reviewer akan menyampaikan hal-hal positif dan hal-hal yang perlu diperbaiki lagi di bagian penutup.

Berdasarkan paragraf di atas, maka struktur review yang saya tugaskan:

1.      Kalimat pembuka

2.      Isi:

a.       Deskripsi

b.      Analisis

3.      Penutup: berisi rekomendasi untuk pembaca

4.      Daftar Pustaka: selain buku/jurnal yg direview, juga menulis buku/jurnal lain yang dipakai untuk mereview (ingat: cara mengutip & menulis daftar pustaka, gunakan referencing yg ditetapkan jurusan kom, bisa didownload di blog saya, di kategori metodologi penelitian kom)

(ketiga struktur di atas, bisa ditulis jelas: 1. Pembuka.. dst; tapi juga bisa tidak ditulis, seperti contoh di bawah ini)

 

Contoh:

            Tulisan ini berisi hasil review saya terhadap buku “Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis dan Kualitas, 2012, dan Public Relations Writing, 2012, yang keduanya ditulis Rachmat Kriyantono”. Tujuan review ini adalah untuk mengeksplorasi definisi PR; dan menganalisis mengapa PR itu penting bagi organisasi dan bagaimana fungsi & job description PR?

1.    Definisi-Definisi PR

Saya menemukan bahwa Kriyantono (2012) menyampaikan lima definisi tentang PR, yaitu ditulis di bab…. halaman……. . Definisi-definisi tersebut adalah ………………………….. (paragraf ….., halaman ……)

(dari sini anda mulai bisa menyampaikan analisis anda tentang definisi yg ditulis Kriyantono tersebut) dari semua definisi tersebut, saya menilai bahwa Kriyantono telah mencoba mengadopsi beberapa perspektif saat yaitu mendefinisikan PR. Beberapa perspektif tersebut adalah …………., yang tampak pada definisi …………… dst. Menurut saya, penggunaan perspektif tersebut telah membuat definisi-definisi yang disampaikan Kriyantono sudah secara lengkap mewakili landasan filosofis aktivitas PR. Landasan filosofis itu antara lain ………. dst. Hanya saja, ada yang dilupakan penulis buku tersebut, yaitu………… dst

………… dst…………

(untuk penutup) Secara umum, tulisan Kriyantono telah bisa memberikan pengetahuan baru tentang………. dst. Agar lebih bisa memberikan deskripsi yang lebih mendalam, saya merekomendasikan …………….

Daftar Pustaka

………………………………..

 

Demikian, silahkan berlatih. Happy Studying.

 Rachmat Kriyantono, Ph.D

Dosen & Penulis Buku Ilmu Komunikasi

Universitas Brawijaya Malang

 

PDF bisa didownload di sini: Mereview Buku-jurnal

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*